Sabtu, 01 Oktober 2011

Perlu Ada Evaluasi Segera Terhadap Beberapa Lembaga/Organisasi yang Ada

GUNUNGLARANG-Pembangunan dengan segala bentuk material dan spiritual suatu daerah minimal dapat terdeteksi melalu sejauh mana tingkat keamanan dan kenyamanan masyarakatnya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor yang sangat penting dalam menunjang tercapainya cita-cita tersebut, dapat kita simak dari sejauhmana berbagai macam organisasi/lembaga yang ada merasa memiliki terhadap organisasi/lembaganya dengan berpijak pada saling hormat menghormati, saling menyadari akan peran masing-masing individu dalam organisasi, serta berpijak pada standar yang diberikan pemerintah tentang siapa-siapa saja yang berhak menduduki sebuah jabatan dalam organisasi.

Organisasi tidak akan berjalan dengan baik apabila orang-orang dalam organisasi tersebut tidak memiliki jiwa dan sikap patriotisme dan tidak memiliki kualifikasi tertentu sesuai dengan jabatannya. Standar waktu jabatan, dan pemilihan pengurus juga merupakan faktor penting untuk memberikan gambaran transparansi dan akuntabilitas publik. Dengan demikian, sifat dan sikap demokratis mutlak diperlukan.

Apabila seseorang terlalu lama memangku jabatan dan tidak ada peremajaan, maka dipastikan akan banyak menuai masalah. Dari mulai dianggap sebagai seorang yang diktator, sombong, koruptor, dan akan dianggap penguasaan jabatan mutlak yang pada gilirannya akan mematahkan semangat dan motivasi dalam mengikuti dan membangun. Kenapa? Karena hal tersebut akan memicu kejenuhan yang tiada berujung. Dengan begitu, konsep pembaharuan, peremajaan dan pengkaderan sangatlah penting untuk dilakukan.

Lalu siapa yang berhak dan berkewajiban memanajemen semua itu? Tiada bukan adalah Undang-undang, tata tertib, peraturan, atau standar jabatan yang diformulasikan dalam forum resmi (musyawarah).

Ada beberapa lembaga/organisasi yang ada di Gununglarang yang Aa fikir memerlukan penanganan segera. Dalam lembaga-lembaga tersebut perlu diadakan evaluasi dan pembaharuan agar organisasi dapat menyesuaikan diri dengan kondisi kekinian. Mereka-mereka yang sudah memiliki cukup usia diharapkan memiliki kesadaran penuh untuk memberikan kepercaan kepada para pemuda (usia 45 ke bawah). Bagaimanapun juga, toh pada akhirnya para pemudalah yang akan menggantikan peran mereka.

1 komentar: